Membuat Nada Bass jadi terasa Nendang

oleh : | pada : | 4 Komentar
Alhamdulillah, setelah sekian lama guruKATRO vacuum-posting, kali ini bisa berkesempatan lagi untuk berbagi cerita, dengan penggemar audio entertainment khususnya. Dalam posting yang masuk kategori Elektrika-Elaktronika ini guruKATRO akan share sebuah rangkaian mini, hanya satu buah transistor kecil nan murah, didukung oleh beberapa komponen resistor dan kapasitor. Dan ditengarai bila rangkaian murah meriah ini mampu mengangkat hentakan nada BASS, hingga akan terasa bulat dan nendang alias tidak loyo dan menggema.
MASUK SINI UNTUK MEMBUAT SUB WOOFER MANTAP MURAH MERIAH

baca juga : BASS TREBLE BOOSTER DENGAN IC UA741

- Mempelajari cara kerja Tone Control Aktif

Perlu diketahui bila rangkaian mini yang akan kita buat ini akan sangat match bila dipasang sebelum Tone Control pada rangkaian Amplifayer jenis OCL, walau tidak juga menutup kemungkinan bila diaplikasikan pada jenis Amplifayer lainnya.

Penasaran ?????, mari kita mulai saja step by step langkat perakitannya.


  • Buat pintu masuk alias input audio yang datang dari pre-amp atau CD/DVD Player atau MP3 Player atau Music BOX atau SmartPhone atau sumber audio music yang lainnya.
  • Aliran audio itu akan masuk ke Basis Transistor C828. setelah sebelumnya di filter dulu menggunakan dua buah resistor (22K dan 6K8) yang dipasang secara seri.

  • Buat saluran output audio melalui kaki Kolektor

Rangkaian ini jelas belum bisa bekerja, karena belum diberi tegangan, mari kita beri tegangan agar transistor itu bisa bekerja, dan agar hasil sesuai dengan judul diatas, komponen diatur seperti ini:

- Emitor langsung diberi tegangan negatif
- Kolektor diberi tegangan positif 12 volt melalui resistor 1K
- Sebelum 1K  saring dulu  12 volt dengan resistor antara 10 hingga 100 ohm
- Basis diberi tegangan dari kolektor melalui resistor 1 mega ohm


Bila kita amati, Resistor Ukuran 1 Kilo Ohm lah yang akan sangat berpengaruh pada nendangnya Bass, disamping masih memerlukan rangkaian yang lainnya.

Sampai disini, rangkaian itu sudah bisa bekerja, tapi dengan kualitas yang masih standar, agar tujuan kita membuat nada bas terasa tegas, mari kita lanjutkan rangkaian berikutnya :

  • Beri secara paralel kapasitor 3.3 nano  pada 2 resistor seri yang menuju basis, agar nada tinggi tidak terlalu tinggi, seri kan dengan r 3K3


Sudah hampir jadi, namun bass masih kelihatan over kayak semacam feedback gitu, jadi kurang kering suaranya,biar lebih kering, mari kita siapkan komponennya, satu buah resistor ukuran 22K dipasang dari kaki kolektor. Komponen yang akan dipasang ini berfungsi untuk memnciptakan nada bass menjadi lebih kering dan nendang banget.


Kenapa dicicil seperti itu ??? .... karena dari resistor 22K itu akan dibuat dua saluran, biar para pemula bisa lebih cepat memahaminya. lanjut, saluran pertama dari Resistor 22K itu berupa satu buah resistor ukuran 470K dan datang dari sambungan seri Resistor 3K3 dengan kapasitor 3n3


Dan satu saluran lagi berupa paralel Resistor 220K dengan kapasitor 22 nano datang dari seri antara resistor 22k dengan resistor 6K8


NB : 
  • Usahakan menggunakan transistor ori product matsuhita yang tampilannya seperti pada gambar gambar yang ditampilkan pada posting ini, sebab bila menggunakan asal transistor, biasanya akan menimbulkan cacat treble (noise) lantaran tidak mampu menahan derasnya arus nada tinggi. Dan mungkin juga akan menimbulkan cacat bass lantaran tidak mampu menahan derasnya arus nada rendah. Bila kesulitan mencari yang seperti itu silakan untuk tidak bosan mencoba mengganti dengan transistor jenis yang lainnya, yang penting jenis NPN, denga ciri huruf awalnya bukan A atau B, tapi C atau D.

Komentar Facebook

4 Komentar

  1. kalau sudah ada galaxy y pa masih cocok pake rangkaian ini pak...atau jadi over naday nanti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. rangkaian ini biasa saya pasang sesudah galaxy (atau sejenisnya) dan sebelum Tone Controll (atau mixer)

      kalau terjadi over audio, bisa diatasi dengan memasang R antara 5K6 hingga 10K pada bagian input dan output nya

      atau coba saja saling tukar antara galaxy dengan rangkaian ini, hasilnya mana yang lebih disukai itu lah yang dipilih (maklum selera orang bisa berbeda beda, termasuk dalam menikmati kualitas musik)

      Hapus
  2. pak kalau galaxy yg ditoko biar bass y pulen atau nendang n lembut yg perlu dimodig apa pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 macam galaxy yg dulu pernah guruKATRO gunakan (semua transistor/ bukan IC) :

      1. super galaxy (pcb kecil), bas sudah pulen dan empuk, namun:
      - kalau dirasa treble terlalu runcing coba ganti C 472 (ditengah-tengah) dg ukuran 332 atau 272 atau 222
      - kalau dirasa terlalu pulen ganti R 1K5 (coklat-hijau-merah) dengan ukuran 2K2 atau 3K3 atau 4K7
      - saya kira hanya itu saja untuk sementara ini

      2. bypass galaxy (PCB agak lebar dan biasanya ada switch bypass nya), type ini sudah dibuat bass terasa nendang. Bila ingin bass pulen tinggal ganti komponen yng disebut diatas seperti yang ada pada super galaxy

      Hapus