8/04/2018

Meningkatkan kualitas Bass dan Treble

komentar : 31
Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

System Audio Sudah dipasang Tone Control, mixer, mungkin juga malah sudah dipasang Equalizer, atau mungkin sudah ditambah lagi dengan Parametrik Tone Control, atau bahkan sudah dipasang sekian macam perangkat yang fungsinya untuk meningkatkan kualitas AUDIO bass dan treble.
MEMBUAT DRIVER SUB WOOFER MUDAH MURAH MENGGELEGAR

baca juga : BASS TREBLE BOOSTER DENGAN IC UA741

Dengan perangkat yang telah terpasang seperti diatas itu, seharusnya sudah bisa menghasilkan kualitas audio yang cukup memuaskan. Namun kadang kenyataan di lapangan bisa berbeda, ada berbagai faktor yang bisa mencipta keadaan menjadi demikian. Kadang pula sesungguhnya kualitas audio itu sudah mencukupi, tapi dasar anda telah menjadi seseorang yang haus dan tidak pernah puas dengan kualitas audio. Kadang juga karena sang operator sound system belum mampu menata posisi dan persentase putar/geser tiap tiap potensio meter pengontrol nada. (yang terakhir ini sering juga terjadi, tapi tidak usah refot refot di bahas disini). Kalaupun pernah melihat kejadian seperti itu juga paling kita hanya tersenyum simpul saja.

Bila keadaan anda tengah mengalami keadaan sebagaimana tertuang pada paragraf KEDUA diatas, selain yang ter cetak miring tentunya, cobalah ambil sedikit langkah untuk berusaha menaikkan kualitas bass treble. Jangan khawatir, rangkaian ini sangat sederhana dan sangat mudah untuk di rakit.

Rangkaian untuk memperbaiki kualitas bass treble ini, efeknya akan berasa lebih mantap bila dipasang sebelum masuk amplifier, sehingga jumlah rangkaian ini mesti sama dengan jumlah input Amplifier yang ada. Namun tidak dilarang juga bila dipasang sesudah sumber audio (Tuner/CD/VCD/DVD/MP3-Player dll).

Untuk membuatnya, mari ramai ramai kita mulai dari sini :

1. Buat rangkaian penguat transistor dulu, dengan input audio masuk melalui ke kaki basis melalui milar/MKM dengan ukuran 224 (220 nano). Output audio keluar dari kaki emitor melalui milar/MKM dengan ukuran 224 (220 nano).



Kaki kolektor diberi tegangan + 12V melalui resistor 470 ohm dan jumper dengan elco 470uF, sementara kaki emitor diberi tegangan - melaui resistor 4K7.

Transistor yang digunakan adalah jenis 2SC1740, guruKATRO memilih ini karena cukup handal ketika dilewati nada treble yang tinggi, 2SC945 memang lebih bisa mengangkat bass, namun tidak kuat bila harus membawa treble yang tinggi. (setidaknya itu menurut experiment guruKATRO)

Langkah pertama ini (yang ber latar belakang biru muda), siftanya hanya opsional saja, bila audio output sudah cukup besar, rangkaian berlatar belakang biru bisa tidak dibuat dan langsung ke nomo dua di bawah ini :

NB: rangkaian regulator R 470Ω dan C 470uF letak sesungguhnya tidak disitu, pada gambar berikutnya nanti akan digeser pada posisi sesunggunhya.

2. Dari output kaki emitor, lanjut dengan membuat Rangkaian filter yang akan hanya bisa dilewati nada bas dan treble saja.

  • Pasang satu buah MKM/milar kapasitas 2,2 nF (222) atau 3,3nF (332)
  • Paralelkan MKM/milar tersebut dengan dua resistor yang diseri, yang pertama (input audio) gunakan ukuran 10K hingga 15K dan yang kedua (output audio) gunakan ukuran 5K6
  • Pada pertemuan seri dua resistor itu dipasang kapasitor ukuran antara 100nF (104) hingga 330nF (334) dipasang seri dengan resistor 5K6 menuju ground.
  • Pada bagian output gunakan MKM/milar ukuran 220 nF (224) atau 470nF (474) atau diatasnya.



Untuk lebih meningkatkan kualitas bass dan treble pada bagian OT dipasang seri menuju ground, sebuah Kapasitor ukuran 100nF (104) dengan resistor 5K6, dengan posisi kapasitor pada OT audio dan resistor pada ground.



3. Dengan rangkaian seperti itu pastinya akan membuat audio menjadi jauh lebih kecil, untuk mengembalikan volume audio agar pulih kerasnya, pasang satu buah penguat transistor output audio, 

  • basis diberi bias + dari kolektor melalui resistor ukuran 1mega ohm,
  • kolektor sebagi output audio diberi tegangan + melalui resistor 5K6 dan
  • Emitor diberi tegangan - melalui resistor 470 ohm
seperti ini :




4. Terakhir guruKATRO hanya mengembalikan regulator yang telah ada pada gambar pertama ke posisi sesungguhnya



Dengan rangkaian ini, pasti sound system kita akan menjadi lebih terasa hentakan bass dan treble nya


Update !!!!!!!

bagi yang hendak menyimpan LayOut PCB BTB diatas, BISA UNDUH DARI SINI

Penulis berbagi PENGETAHUAN
Pembaca mendukung dg TIDAK MEMBLOKIR IKLAN
dg SALING PENGERTIAN seperti ini
Insya Allah kita selalu dalam KEBERKAHAN

Demikian Posting tentang Meningkatkan kualitas Bass dan Treble yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

31 komentar

  1. kalau g pakai TC bisa g pak rangkaiany ini..pa ini sama dengan galaxy atau lebih bagus audioy...saya py tda 2050 cocok g pak kalau ditambahin ranvkaian ini....

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak pakai TC juga gak papa, anggap saja ini sebagai TC yang disetel full bass treble,

      kalau tanpa TC ini bekeraj seperti TC, berarti sebaiknya dipasang sesudah galaxy

      dipasang ke TDA 2030/2050 saya sering buat dan yang sudah berlaku hasilnya cukup memuaskan konsumen (hampir tak ada Compliant)

      Hapus
  2. ini kalau ditambahin rangkaian dari artikel bapak yg menambah bass terasaa didada cocok g atau jadi over juga audioy

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin dengan BTB yang dimaksud???
      sepertinya kurang cocok, karena sistem kerjanya sama, kalaupun misalnya tidak over, pasti jadi seperti pemborosan,

      Hapus
  3. ya BTB,jadi harus milih salah satu ya..kalau saya senang g pake TC tanpa ribet setel lg yg penting suaray imabang..kalau sdh ada galaxy perlu ditambahin ini lagi atau dicopot diganti ini pak....knp g pake IC pak..kebanyakan kalau dipasarn pake...insy sya coba skemay pak spa tau lebih enak dari galaxy...itu kalau pengen bass y agak panjang perlu ditambah kompn atau dah cukup..tau cara bikin PA 2.1 yg ada subwofery g pak..dishare ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kadang TC juga diperlukan, terutama untuk menyesuaikan beberapa lagu berbeda kualitas bass dan treble nya.

      ada saya punya skema Tone controll modif dengan IC UA741 bass menggelegar ...

      bila ingin buang fungsi TC tinggal buang semua potensio dan sambungkan secara langsung saluran bekas kaki 2 dengan kaki 3 potensio ... jadi dah ... bukan TC lagi

      subwoffer dengan PA TDA 2005 (1) juga ada, untuk stereo satelitnya bebas pilih, bila ingin keras bisa pakai TDA 2030, atau kecil satelit menggunakan TDA 2003(2)

      cuma yang agak lama bikin gambarnya
      kalau mau bersabar ya bisa ditunggu untuk beberapa posting ke depan

      Hapus
  4. ok pak saya tunggu postingan berikuty..TC skemay dishare jg n TDA y.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sudah di posting coba lihat lihat di home page ada beberapa kit elektro ala guruKATRO yang baru

      Hapus
  5. ini rangkaian plrlu tegangan ya pak..yg dilingkari itu...atau langsung yg point no.2..bearti kl ditambahin rangkaian ini kwalitas suara bass sama treble akan meningkat lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada
      tegangan - sekaligus sebagai GND (garis hitam)
      dan
      tegangan + 12 Volt (garis merah)

      tegangan + untuk kinerja transistor, dan berfungsi menaikkan volume yang cukup signifikan

      Hapus
  6. yg gambar point 4 itu kan ada yg dilingkari..itu dibuat atau g usah pak..bearti transiatiry butuh 1 atau 2..yg elco vikty 16 atau 50

    BalasHapus
    Balasan
    1. o iya itu yang dalam kotak latar biru yah??

      itu gak dipasang juga gak papa, perbedaan rasanya cukup kecil

      brati tr pakai 1 saja sudah lumayan bagus kok

      karena tegangan masuk hanya 12v, maka elko terendah 16v, tapi boleh juga pake yg 25v atau 35v atau 50v

      urusan tegangan elko yang penting jangan dibawahnya, bisa panas.
      misalnya tegangan masuk 50v berarti tegangan elko sebaiknya paling rendah 63v

      Hapus
  7. untuk tegangan +12v kan ada resistor 470 sebelum elco kl g dikasih pengaruh apa..kal diganti brp nilaiy.seumpm 390 atu 560 g pa2

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya gak dikasi R jg ga papa,

      tapi kadang bisa menimbulkan dengung, jadi inti kerja resistor tersebut untuk menghilangkan dengung.

      variasi yang pernah guruKATRO temukan, berukuran antara 100 ohm hingga 1 kilo ohm

      Hapus
  8. malm pak..saya sdh nyoba rangkaian ini dan berfungsi baik..seperti galaxy mnrut saya mgk lbh empuk...cuma kl ditambahin bufer TR yg dilingkari biru itu mgk suara tambah kuat lagi ya pak...sy pasang stlh galaxy dan kl galaxy diaktifkan suara tambah banter..kyky rngkain sudh pas ditelinga dari bass dan trebley...cm agak denhung mgk kabel massa krng besar..mantapp lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. mlm kmbli .....
      kalau belum dipasang TR sudah ada dengung, kemungkinan besar sumber dengung dari galaxy, tapi bukan juga murni galaxy, selain kemungkinan kabel massa, ada juga kemungkinan grounding box yang belum sempurna.

      Hapus
  9. Mau tanya, ini ada layoutnya kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf ... karena ini merupakan kreasi sendiri dan saya terbiasa mengguakan PCB berlubang, sehingga saya tidak sempat membuat layout PCB nya.

      Tapi bila ada yang benar benar ingin, maka akan saya buatkan layoutnya, dan akan saya masukkan pada update materi posting diatas pada beberaoa hari kedepan

      terimak kasih telah berkunjung kesini

      Hapus
    2. Iya om, ditunggu layoutnya, pasti banyak jg yg kepengen coba.

      Hapus
    3. Mohon maaf agak lama, karena ada yang mesti di selesaikan terlebih dahulu, sekarang sudah tersedia link download layout ples data komponennya
      silakan ambil dari update posting diatas pada bagian paling bawah

      Hapus
  10. ini kalau dibuat seri befungsi atau tidak pak atau mubazir jadinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. rekomendasi pemasangan rangkaian ini hanya untuk sistem audio yang dirasa masih kurang tebal nada bass dan treble nya, diseri bisa jadi tidak mubadzir bila setelah dipasang ternyata kualitas audio jadi memuaskan

      namun bisa jadi mubazir bila setelah dipasang, ternyata kualitas audio tidak menjadi lebih baik, atau bahkan cenderung menjadi over audio

      Hapus
  11. dan kalau ditambahin ampli booster apa tambah banter dan nyaring suaranya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia ... akan menjadi lebih nyaring dan lebih bagus, dengan syarat boster amplifier nya juga harus yang bagus juga'

      karena sebaik apapun penguat/pengontrol/peningkat audio, itu tidak akan berguna apabila amplifier Final nya tidak/kurang bagus (terutama urusan daya amplifier nya)

      Hapus
  12. pak kalau rangkaian tadi dimodif lagi bisa tidak biar bass tambah menggelegar lagi.yg bisa menggetarkan kaca...biar kayak ampli built up..kl bisa artikely ditambah PA fersi bapak mgk dulu pernah dibuat pesanan orang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sekedar menggetarkan kaca
      amplifier biasa dengan speaker 15 inch itu pasti bisa

      sub woofer hanya dg TDA2030 + speaker 6 in saja sudah bikin kaca jendela setebal 3 inch bergetar ...

      Hapus
  13. bearti sdh fia ya pak rangkaiany ini sdh tidak bisa dimodif lagi ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya.... sampai lupa soal itu ....

      semua masih bisa di utak atik ....
      bahkan sesuai kemauan sendiri sekalipun tetap boleh

      pada gambar paling bawah
      sepuluh buah R diurutkan dari paling kiri

      01. R 470 (antara 100 hingga 470) bebas, hanya setrum

      02. R 470 (antara 47 hingga 470) semakin kecil semakin keras

      03. R 5K6 (antara 3k3 hingga 10K) semakin besar semakin keras

      04. R 1M (antara 330K hingga 2M2) semakin besar semakin bass

      05. R 5K6 (antara 1K hingga 5K6) semakin besar semakin middle

      06. R 5K6 sama dengan R 5K6 nomer 05

      07. R 5K6 (antara 1K hingga 10K) semakin kecil semakin bass

      08. R 10K (antara 10K hingga 47K) semakin kecil semakin bass

      09. R 4K7 (antara 3K3 hingga 10K) semakin besar semakin keras

      10. R 470K (antara 330K hingga 2M2) semakin besar semakin besar



      R 1M (nomer 04) bisa dilepas dan ganti dengan cara:

      R 470K dari basis ke +
      dan
      R 47K dari basis ke negatif (GND)

      langkah ini perlu diikuti dengan mengganti :
      R 470 (R nomer 02) dengan
      R 47
      atau
      paralel R1K dg C 100µF

      ini untuk meningkatkan efek bass nendang



      Hapus
  14. wah mantap nii ..bisa otak atik..matur tahks you pak...oh ya pak ni rangkaian saya gabung sama galaxy masangy sebelum galaxy cm kl diaktifkan galaxy bass y over paxahal sdh dikasih 10k,pa resistory kurang besar buat ngurangi bass yg nyeber..

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar gak mudah over sebaiknya sesudah galaxy baru ini atau bila ada TC sesudah TC baru ini, biar bass = joss ganti tr menggunakan C945

      galaxy di bypass = tidak digunakan = tidak ada galaxy

      ngatasi bass over
      - bila pakai R harus dari input atau output ke GND, kalau R untuk lewat (saringan) itu mengurangi treble

      - mengurangi bass bisa jg dg mengganti elko input dengan milar atau keramik 104

      bila overbasssss terus ganti R4 dengan ukuran 100K diikuti R2 dengan ukuran 100 ohm atau dibawahnya

      Hapus

Facebook Comments