2018/08/04

Meningkatkan kualitas Bass dan Treble

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

System Audio Sudah dipasang Tone Controll, mixer, mungkin juga malah sudah dipasang Equalizer, atau mungkin sudah ditambah lagi dengan Parametrik Tone Controll, atau bahkan sudah dipasang sekian macam perangkat yang fungsinya untuk meningkatkan kualitas AUDIO bass dan treble.

Dengan perangkat yang telah terpasang seperti diatas itu, seharusnya sudah bisa menghasilkan kualitas audio yang cukup memuaskan. Namun kadang kenyataan di lapangan bisa berbeda, ada berbagai faktor yang bisa mencipta keadaan menjadi demikian. Kadang pula sesungguhnya kualitas audio itu sudah mencukupi, tapi dasar anda telah menjadi seseorang yang haus dan tidak pernah puas dengan kualitas audio. Kadang juga karena sang operator sound system belum mampu menata posisi dan persentase putar/geser tiap tiap potensio meter pengontrol nada. (yang terakhir ini sering juga terjadi, tapi tidak usah refot refot di bahas disini). Kalaupun pernah melihat kejadian seperti itu juga paling kita hanya tersenyum simpul saja.

Bila keadaan anda tengah mengalami keadaan sebagaimana tertuang pada paragraf KEDUA diatas, selain yang ter cetak miring tentunya, cobalah ambil sedikit langkah untuk berusaha menaikkan kualitas bass treble. Jangan khawatir, rangkaian ini sangat sederhana dan sangat mudah untuk di rakit.

Rangkaian untuk memperbaiki kualitas bass treble ini, efeknya akan berasa lebih mantap bila dipasang sebelum masuk amplifier, sehingga jumlah rangkaian ini mesti sama dengan jumlah input Amplifier yang ada. Namun tidak dilarang juga bila dipasang sesudah sumber audio (Tuner/CD/VCD/DVD/MP3-Player dll).

Untuk membuatnya, mari ramai ramai kita mulai dari sini :

1. Buat rangkaian penguat transistor dulu, dengan input audio masuk melalui ke kaki basis melalui milar/MKM dengan ukuran 224 (220 nano). Output audio keluar dari kaki emitor melalui milar/MKM dengan ukuran 224 (220 nano).



Kaki kolektor diberi tegangan + 12V melalui resistor 470 ohm dan jumper dengan elco 470uF, sementara kaki emitor diberi tegangan - melaui resistor 4K7.

Transistor yang digunakan adalah jenis 2SC1740, guruKATRO memilih ini karena cukup handal ketika dilewati nada treble yang tinggi, 2SC945 memang lebih bisa mengangkat bass, namun tidak kuat bila harus membawa treble yang tinggi. (setidaknya itu menurut experiment guruKATRO)

Langkah pertama ini (yang ber latar belakang biru muda), siftanya hanya opsional saja, bila audio output sudah cukup besar, rangkaian berlatar belakang biru bisa tidak dibuat dan langsung ke nomo dua di bawah ini :

NB: rangkaian regulator R 470Ω dan C 470uF letak sesungguhnya tidak disitu, pada gambar berikutnya nanti akan digeser pada posisi sesunggunhya.

2. Dari output kaki emitor, lanjut dengan membuat Rangkaian filter yang akan hanya bisa dilewati nada bas dan treble saja.

  • Pasang satu buah MKM/milar kapasitas 2,2 nF (222) atau 3,3nF (332)
  • Paralelkan MKM/milar tersebut dengan dua resistor yang diseri, yang pertama (input audio) gunakan ukuran 10K hingga 15K dan yang kedua (output audio) gunakan ukuran 5K6
  • Pada pertemuan seri dua resistor itu dipasang kapasitor ukuran antara 100nF (104) hingga 330nF (334) dipasang seri dengan resistor 5K6 menuju ground.
  • Pada bagian output gunakan MKM/milar ukuran 220 nF (224) atau 470nF (474) atau diatasnya.



Untuk lebih meningkatkan kualitas bass dan treble pada bagian OT dipasang seri menuju ground, sebuah Kapasitor ukuran 100nF (104) dengan resistor 5K6, dengan posisi kapasitor pada OT audio dan resistor pada ground.



3. Dengan rangkaian seperti itu pastinya akan membuat audio menjadi jauh lebih kecil, untuk mengembalikan volume audio agar pulih kerasnya, pasang satu buah penguat transistor output audio, 

  • basis diberi bias + dari kolektor melalui resistor ukuran 1mega ohm,
  • kolektor sebagi output audio diberi tegangan + melalui resistor 5K6 dan
  • Emitor diberi tegangan - melalui resistor 470 ohm
seperti ini :




4. Terakhir guruKATRO hanya mengembalikan regulator yang telah ada pada gambar pertama ke posisi sesungguhnya



Dengan rangkaian ini, pasti sound system kita akan menjadi lebih terasa hentakan bass dan treble nya


Bagikan

guruKATRO tahu
Iklan sedikit mengganggu LOADING
Tapi pembaca juga PERLU TAHU
Biaya operasional blog datangnya dari tampilan iklan
bagi pembaca yg ingin blog ini tetap ada
bisa membantu dg cara non aktifkan Adblock
agar iklan tampil di halaman ini
Terima kasih atas dukungannya
dan insya Allah
Allah SWT selalu memberi keberkahan
Demikian Posting tentang Meningkatkan kualitas Bass dan Treble yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

Tidak ada komentar