Rangkaian kecil untuk menjernihkan Audio

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Syarat utama pemasangan rangkaian yang akan dibahas dibawah ini adalah apabila kita sudah memiliki audio sistem dengan suara sudah keras. Sebab apabila keadaan audio sistem yang akan kita pasang rangkaian pen-jernih audio memiliki kualitas volume kecil, maka akan menambah semakin kecil kualitas audio kita.

Selain syarat sistem audio sudah keras, ada juga syarat apabila audio yang dikeluarkan dirasa masih membuat telinga kita tidak nyaman untuk menikmatinya. Keras membahana tapi sekaligus juga terasa menyakitkan telinga. Bila kita memainkan audio kita, terasa mengganggu bahkan ketika bincang asyik dengan orang yang posisinya sangat dekat dengan kita.


Dengan dipasangnya rangkaian pen-jernih audio ini, maka kita akan tetap merasa nyaman bercengkerama walaupun posisi kita sangat dekat dengan salon speaker yang sedang memainkan musik.

Rangkaian ini sesungguhnya sama saja dengan TONE CONTROL PASIF yang pernah guruKATRO posting pada masa lalu, dan hingga kini masih cukup banyak pembaca-nya. Apabila rangkaian tone control sederhana itu potensio bass dan treble diputar sejauh 100%, maka akan didapat rangkaian seperti yang dimaksud dalam posting ini.

Pemasangan yang paling tepat dengan hasil paling memuaskan dan juga paling mudah bagi pemula adalah pada bagian input amplifier.



Pada audio sistem rakitan ataupun yang made by sendiri, biasanya merupakan suatu rangkaian terpisah antara amplifier dengan sumber audio. Ini pasti akan membuat kita merasa lebih mudah untuk mencarinya.

Biasanya juga dari output sumber audio menuju input amplifier juga disambung dengan seutas kabel. Karena rangkaian ini merupakan saringan alias filter, sehingga pemasangan dilakukan dengan memutus kabel dari output sumber audio menuju input amplifier itu.


Saluran kabel yang menuju input Amplifier sudah diputus untuk kemudian diberi rangkaian penjernih audio.

1. Pada saluran yang sudah kita putus itu kita pasang capasitor.




kapasitor ini bertugas hanya mengantarkan nada tingkat tinggi saja, nada menegah dan nada rendah kagak boleh ngikut. Bila ingin treble lembut, gunakan ukuran seperti pada gambar, 222 alias 2,2 nano Farad.

Bila ingin kualitas treble yang :

- ultra-soft, gunakan ukuran102
- extra-soft gunakan ukuran 152
- super-soft gunakan ukuran 182.

- hard, gunakan ukuran 272
- super-hard, gunakan ukuran 332
- extra-hard gunakan ukuran 392
- ultra-hard gunakan ukuran 472

hihihihi ... banyak banget variasinya ... tapi ini lumayan penting bagi para pemula yang memiliki sifat penasaran cukup tinggi.

hanya dipasang itu saja ????
yah! pastinya akan hanya keluar nada treble saja, tambah gak enak didengar tentunya. Karena itu mari kita lanjut dengan :

2. Memasang resistor diparalel dengan capasitor nomor 1 diatas.




Dua buah resistor dipasang secara seri, pada gambar terlihat bagian input menggunakan ukuran 22K (merah-merah-jingga), dan bagian output menggunakan ukuran 1K (coklat-hitam-merah).

Kalau dihitung nilai keseluruhan resistor (cukup mudah karena ini sambungan seri), 22K + 1K = Total : 23K (merah-jingga-jingga)

Lho mengapa tidak gunakan satu resistor ukuran 23K saja???. Jawabannya adalah sangat sulit bahkan mungkin tidak ada satu resistor ukuran 23K!.

Padahal itu jawaban yang sangat tidak benar!
Alasan yang benar mengapa di pasang dua resistor secara seri adalah karena nantinya akan dipasang filter peredam audio middle frekuensi tertentu yang biasanya dianggap bikin bising bagi beberapa personel tertentu.

Sedangkan nilai 23K itu tidak penting, karena nantinya juga akan di buat alternatif ukuran lainnya sehingga bisa menemukan kualitas audio yang diinginkan oleh masing masing selera.

- Resistor input filter dengan ukuran 22K itu gunanya untuk menentukan seberapa besar nada bass yang diinginkan.

  • Bila merasa bass kurang tebal, bisa diganti dengan ukuran 18K (coklat-abu-jingga) atau 15K (coklat-hijau-jingga) atau 12K (coklat-merah-jingga) atau bahkan 10K (coklat-hitam-jingga).
  • Sedangkan bila nada bass terasa sudah terlalu tebal, kita bisa menipiskannya dengan menggunakan resistor ukuran 27K (merah-ungu-jingga) atau 33K (jingga-jingga-jingga) atau 39K (jingga-putih-jingga) atau 47K (kuning-ungu-jingga).

- Resistor output filter dengan ukuran 1K itu gunanya untuk mendukung tepisan nada middle. Walaupun juga akan sedikit mempengaruhi ketebalan bass. Tapi tugas intinya disini adalah membantu menentukan seberapa pengaruh menepis nada middle.

  • Bila middle terasa masih terlalu keluar, bisa diganti dengan resistor ukuran 820Ω (abu-merah-coklat) atau 680Ω (biru-abu-coklat) atau 560Ω (hijau-biru-coklat).
  • Sedang bila terasa nada middle terlalu banyak terbuang, bisa diganti resistor dengan ukuran 1K2 (coklat-merah-merah) atau 1K5 (coklat-hijau-merah) atau 2K2 (merah-merah-merah) atau 2K7 (merah-ungu-merah) atau 3K3 (jingga-jingga-merah) atau 3K9 (jingga-putih-merah) atau 4K7 (kuning-ungu-merah).


Dengan memasang satu kapasitor diparalel dengan seri dua resistor itu filter audio ini belum bisa bekerja dengan sempurna, karena masih saja ada nada nada bising yang ikutan masuk ke amplifier. Karena itu harus dipasang lagi filter penepis nada middle yang bila dipasang akan sangat terasa efeknya, yaitu :

3. Memasang rangkaian seri capasitor dengan resistor.


Tuh kan makanya pada nomor 2 diatas menggunakan dua resistor seri, tuh kan pada sambungan seri dipasang filter middle audio yang sesungguhnya.

- Capasitor berfungsi membuang nada middle semi rendah, pada gambar dicontohkan menggunakan ukuran 224 (220 nanoFarad).

  • Bila dirasa bass terlalu tipis, bisa dengan ukuran 154 (150nF / elko 0,15µF) atau 124 (120nF / elko 0,12µF) atau 104 (100nF / elko 0,1µF).
  • Bila dirasa bass terlalu tebal, bisa ganti dengan ukuran 274 (270nF/ elko 0,27µF) atau 334 (330nF/ elko 0,33µF) atau 474 (470nF/ elko 0,47µF).

- Resistor bertugas menepis nada middle semi tinggi, pada gambar dicontohkan menggunakan ukuran 1K (coklat-hitam-merah)
  • Bila nada yang dihasilkan terasa terlalu dingin, bisa ganti dengan ukuran 1K2 (coklat-merah-merah) atau 1K5 (coklat-hijau-merah) atau 2K2 (merah-merah-merah) atau 2K7 (merah-ungu-merah) atau 3K3 (jingga-jingga-merah) atau 3K9 (jingga-putih-merah) atau 4K7 (kuning-ungu-merah).
  • Bila dirasa masih terlalu cemprang, bisa ganti dengan ukuran 820Ω (abu-merah-coklat) atau 680Ω (biru-abu-coklat) atau 560Ω (hijau-biru-coklat).



Selanjutnya mari kita bersama sama merenung "hanya dua buah capasitor dan tiga buah resistor" yang dipasang sedemikian rupa ternyata hasilnya sangat signifikan untuk memperbaiki kualitas sistem audio.


NB :

  • Walaupun hasil paling menakjubkan adalah apabila dipasang tepat pada input amplifier, tapi tidak dilarang juga bila dipasang sesudah sumber suara atau sesudah galaxy atau sebelum tone control. Bahkan kadang guruKATRO membuat double atau triple rangkaian seperti itu dan tentunya dengan menaikkan nilai nilai resitor terlebih dahulu, kemudian ada yang dipasang pada output source, ada yang dipasang sebelum tone control dan ada yang dipasang sebelum amplifier seperti contoh diatas.
  • Apabila dipasang pada sistem audio yang kualitas volumenya lemah, bisa disiasati dengan membuat penguat transistor setelah rangkaian filter tersebut. Contoh penguat transistor misalnya seperti ini :



Cara memasangnya seperti ini :


Ya Allah ya Tuhan Kami Yang Maha Bijaksana,
Berikanlah keberkahan yang melimpah,
kepada pembaca kami
yang tidak memblokir iklan
pada halaman ini

bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang Rangkaian kecil untuk menjernihkan Audio yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih

178 comments

  1. kalau speker 12"cocok g pak pakai rangkaian penjernih audio ini..atau hy untuk speker kecill.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rangkaian ini bisa dipasang pada sound system ukuran berapapun. yang penting ia sudah menghasilkan suara keras tapi dirasa kurang jernih (bikin berisik)

      yang paling berpengaruh pada cocok atau tidaknya ukuran speaker adalah berapa setinggi mana tegangan di berikan untuk amplifier, sebesar apa amper trafo yang digunakan untuk men supply amplifier

      Delete
  2. Bos mau tanya,,,,kalau transistornya di pasang setiap pot bisa gak.
    Seumpama setiap pot di tutup semua,bagaimana caranya supaya bisa buka suara musik kalau kita buka pot bass-nya saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh .... guruKATRO kok jadi lama sekali demi mencerna maksud kalimat anda
      harap maklum .... ini admin blog sudah cukup tua

      Mungkin (maaf bila jawaban meleset) :
      satu transistor untuk satu potensio (mungkin maksudnya), bahkan untuk pot volume, itu bisa tapi mungkin akan dianggap kurang efektif, kecuali akan dibuat semi-digital.

      kalau ditutup satu saja pot volume, maka semua akan hilang, walaupun pot bass middle treble dll dibuka 100%

      bila yg dimaksud tutup treble midlle dll selain volume, lalu cukup buka pot bass maka yang keluar juga musik, tapi cukup nada rendahnya saja yang akan muncul

      bila ingin hanya buka pot bass saja sudah harus keluar nada musik seutuhnya, lalu apa gunanya kita memasang pot volume middle treble dll.

      mungkinkah yang dimaksud anda adalah rangkaian subwoofer 2.1 misalnya????

      sungguh si tua ini belum juga mampu mencerna kalimat anda
      tapi tenang disini enjoy aza ....

      Delete
    2. Sehat2 yo mbaah. Amiiin

      Delete
  3. hallo pak gru,,, slah stu ampli sya brmasalah sperti yg guru jlaskan, keras tpi brisik.
    cocok gk klo rngkaian diatas di umpan ke ocl 150 watt, trafo 5A (murah), tegangan 25v, n kluar 32v stelah mlewati penyearah, tr final sanken (asli), speaker 12",,, n bener pa gak klo urutannya =>dri msik hp, msuk PENJERNIH AUDIO, msuk input tone cntrol, n msuk ampli...
    mhon sarannya master.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rangkaian diatas gak milih apa PA dan berapa tegangan dan ampernya, yang penting keras tapi berisik itu 99,99% cocok.

      urutanya begitu boleh juga , tapi coba juga dg urutan :
      HP >> TC >> Penjernih Audio >> Amplifier, barangkali

      berikutnya pilih mana yang paling sreg .... selamat mencoba

      Delete
  4. baiklah, akn sya laksanakan guru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat mencoba dan semoga sukses selalu

      Delete
    2. Guru dari gambar di atas ko aku bingung. Bisa di princi lagi guru gambarnya. Bacanya masi bingung

      Delete
    3. gini saja
      kabel yang tersambung pada titik input ke ampli dilepas dulu
      lalu dari titik input itu dipasang C 222 dan R 1K secara bersama

      ujung R 1K disambung lagi dengan R 22K

      ujung R 22K digabung dengan ujung C 222

      gabungan R22K dan C 222 disambung ke kabel input ampli yang tadi dilepas

      pada sambungan antara R 1K dan R 22K dipasang C 224

      ujung C 224 disambung dengan R 1K

      terakhir ... ujung R 1K disambung ke GND
      selesai sudah dan tes hasilnya


      Delete
    4. Ijin bertanya.apa rangkaian di atas juga bisa dipasang di amplifier dan tonecontrol yg sudah inbalan atau unbalan???soalnya amplifier saya ada suara desis kalo pot level amplifier di vol mentok..

      Delete
    5. kalau volume full ... keluar desis .. biasanya karena over high-frequency (treble terlalu dominan)
      coba kalau volume full treble dikurangi ... apakah masih ada desis ???
      bila masih ada ... semoga rangkaian diatas bila dipasang sebelum masuk input amplifier akan bisa mengatasi

      Delete
  5. Kalo untuk stereo bisa atau hrs bikin 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo stereo harus bikin dua, satu untuk L satunya lagi untuk R

      Delete
    2. Udah jd om tp agak sakit di kuping knp yaa

      Delete
    3. harusnya tambah dingin lhooo dipasang ginian ... kok aneh .... sakitnya krn terlalu tinggi treble atu gimana???

      Delete
    4. treble mlh kurang om, kayanya krn bass.. Gmn om biar bass jedug di dada ini mah di kuping.

      Delete
    5. untuk mengangkat treble, ganti c 222 dg 272 atau 332 atau 392 atau 472

      untuk mengangkat bass, ganti R 22K dg 18K atau 15K atau 12K atau 10K

      untuk membuka middle-treble, ganti R 1K yg ke GND dg 1K5 atau 1K8 atau 2K2 atau 2K7 atau 3K3 atau 3K9 atau 4K7

      untuk membuka middle-bass, ganti C 224 dengan 154 atau 104

      untuk menutup middle-treble, ganti c 224 dg 274 atau 334 atau 474

      untuk mengurangi bass, ganti R 1K yg ke out dg 1K5 atau 1K8 atau 2K2 atau 2K7 atau 3K3 atau 3K9 atau 4K7

      Delete
  6. Saya mau coba pasang di speaker aktif saya yg cemprang, kata yg jual sh maklum speaker aktif harga murah biasanya suaranya cemprang, hehe
    Mkasih ilmunya guru,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya .... bisa itu ... walau kadang bisa membuat volume menjadi lebih kecil

      Delete
    2. ini saya tulis ulang dua bait pertama pada posting diatas ya

      Syarat utama pemasangan rangkaian yang akan dibahas dibawah ini adalah apabila kita sudah memiliki audio sistem dengan suara sudah keras. Sebab apabila keadaan audio sistem yang akan kita pasang rangkaian pen-jernih audio memiliki kualitas volume kecil, maka akan menambah semakin kecil kualitas audio kita.

      Selain syarat sistem audio sudah keras, ada juga syarat apabila audio yang dikeluarkan dirasa masih membuat telinga kita tidak nyaman untuk menikmatinya. Keras membahana tapi sekaligus juga terasa menyakitkan telinga. Bila kita memainkan audio kita, terasa mengganggu bahkan ketika bincang asyik dengan orang yang posisinya sangat dekat dengan kita.

      Delete
  7. Rangkaian Penguat transistornya itu di supply brp volt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. R 470 bila 12V
      R 470 diganti 1K bila 15-18V
      R 470 diganti 2K2 bila 24-32V

      Delete
    2. Kalau suplaynya 5v R nya di ganti berapa ohm?
      Soalnya pakai amplifier 5v

      Delete
    3. jaman sekarang amplifier 5V pun sudah banyak yang keras, jadi bisa diaplikasikan sesuai data diatas.
      =====
      atau bila suara terlalu tenggelam
      coba ganti R-GND (1K) dengan ukuran 2K2 atau 3K3 atau 4K7

      C 224 bisa ganti dengan 104 atau 823 atau 683

      C222 bisa ganti dengan 272 atau 332 atau 392 atau 472

      silakn eksperimen dan semoga sukses

      Delete
  8. Alhamdulilah saya telah berhasil dengan rangkaian ini.. dengan hasil yg sangat memuaskan
    Terima kasih Pak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. congratulation and kembali kasih

      Delete

    2. Bukan hanya itu..
      TC Rasa Hi-fi, TC yg Lima chanel juga sudah sukses praktekan Pak..
      Dan sekarang InsyaAllah saya akan mempraktekkan rangkaian Buffer Subwoofer 2.1 itu Pak..
      Sekali lagi terima kasih atas Ilmunya Pak Yg sangat² bermanfaat..

      Delete
  9. Pak guru, apakah rangkaian diatas bisa diaplikasikan untuk speaker earphone?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Dan itu Akan Membuang Rasa Pekak di Telinga saat mendengarkannya
      Bila Terjadi Suara Menjadi Terlalu Lemah Anda Bisa Ganti R Yang 1k Dengan 2k2 Atau 2k7 Atau 3k3

      Delete
  10. oh iya komentar diatas(pake anonim soalnya belum baca warningnya...hehehe..
    nih coba pake google account

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak papa lah
      setelah saya coba komen pakai HP kadang tidak muncul nama kitanya

      Delete
  11. ini bisa diterapkan di ampli mini mono pak ?
    pake aki 12v 100watt

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa untuk amplifier apa saja, yg penting awalnya suaranya sudah keras

      Delete
  12. oh iya pak,kapasitornya bisa diganti pake elco nggak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapasitor yg 224 bisa diganti elko 0,24

      Delete
  13. kutub positif elco menghadap kemana pak ?
    alkhamdulillah direspon,dari tadi saya mentelengin postingan bapak

    ReplyDelete
    Replies
    1. positif yang menuju dua R seri
      negatif yang ke GND melalui R 1K
      ===
      tapi pada rangkaian pasi seperti diatas terbalik juga gak ngaruh ..

      harap maklum didaratnya lagi disambi cetak undangan

      Delete
  14. sip pak,maturnuwun wejangannya

    ReplyDelete
  15. Gambar akhirnya kok gk ada guru?

    ReplyDelete
  16. Pak guru, saya udah berhasil bikin suaranya jernih tapi volume kecil. Mau coba buat penguat transistor nya ga ngerti. Saya pakai kit pam8610. Itu diagramnya bisa dibikin lebih jelas ga pak? Bahan2nya sama jalurnya. Maaf ngerepotin pak guru

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara memasangnya sudah guruKATRO sediakan gambar paling bawah,
      komponennya
      1 elko 100uF untuk peratan tegangan + dan -
      2 elko 1uF satu untuk input ke basis dan satu utk output dari kolektor
      1 R 470 ohm untuk saringan tegangan +
      1 R atau 100 ohm untuk - ke emitor
      1 R 4K7 dari + ke Kolektor
      1 R 470K dari kolektor ke basis

      bila terjadi noise pasang C 221 dari basis ke kolektor
      bila kurang keras ganti R 100 dengan 47 0hm

      semoga bisa membantu

      Delete
    2. Terima kasih pak guru. Langsung saya praktekan. Jos gandos. Semoga makin jaya pak guru.

      Delete
    3. Ini kalo ke stereo bikin 2 yah pak guru? Apa bisa di buat cabang. Saya baru yg kanannya aja ini.

      Delete
    4. Congratulation... kalau sudah merasa puas, tapi tetap harus berusaha mengembangkan diri ....

      iya kalau stereo bikin dua buah yang sama persis, satu untuk L satu lagi untuk R

      Delete
    5. Terima kasih pak guru, ilmunya sangat bermanfaat. Semoga sehat selalu pak guru . Aamiin

      Delete
  17. Maaf mau tanya.
    Saya mau buat filter sub pasif dari dasar rangkaian ini.
    Bisa minta rekomendasi nolak komponen nya???
    Trima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dasar filter sub (low - mungkin)
      gambar paling atas posting ini
      https://montirpailit.blogspot.com/2019/08/rangkaian-lpf-paling-sederhana.html

      Delete
  18. kalau di pasang tepat sebelum speaker bisa gak guru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa .... tapi akibatnya suara akan menjadi sangat kecil .... nyaris tak terdengar ...

      Delete
  19. Bisa untuk amp klass d bos?

    ReplyDelete
  20. Pak guru yth...
    Walaupun rasanya agak ribet dengan pergantian r sekian c sekian dstnya, ini sangat bermanfaat sekali buat penyuka musik yg bersih (low noise)

    Tapi apakan benar2 rangkayan itu tidak membutuhkan catu daya...?
    Penasaran saya Pak Guru...
    Pengen nyoba. Dan kebetulan saya sekarang ingin merakit ampli model rumahan, tapi suaranya outdor 🤣🤣🤣

    Yg ingin saya tanyakan sama Pak Guru, saya ingin merangkai ampli tsb dengan 2 karakter. Semisal kanan low dan kiri mid pakai socl 504. Kira2 apa saja yg saya ubah di rangkaian sebelah kanan (low) dan kiri (mid)

    Maaf, saya pemula Pak Guru...
    Mohon pencerahannya...
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih...
    Salam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk low
      ganti RC inverting
      R yang asalnya 560 ohm ganti dg 2K2
      C(elko) yang asalnya 22uF ganti dg ukuran antara 47uF smp 100uF

      utk mid
      ganti R inverting
      R yang asalnya 560 ohm ganti dg 330 atau 100 ohm

      ganti pula R feedback yng asalnya 27K dengan 10K atau sedikit dibawahnya

      Delete
  21. ,,,klo output nya dari modul bluetooth ke input ampli apa bisa diterapkan cara diatas?? speaker pake bekas speaker satelit, suara bass nya kurang banget

    ReplyDelete
  22. Saya telah bereksperimen dengan rangkaian penjernih Audio ini dan hasilnya cukup memuaskan bagi pemula seperti saya ini hehehe...dan begini urutan pemasangannya...

    Sumber audio-Rangkaian transistor penguat BAS TRIBLE-TC pasif-Penguat transistor Common Collector-Rangkaian penjernih audio - Amplifier tda2050, lm1875 atau Tda2030...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lanjutkan eksperimen eksperimen berikutnya ....

      Delete
  23. Pak guru yang terhormat, saya pemula..
    Yang ingin saya tanyakan
    Bagaimana membuat rangkaian dari speaker out untuk dimasukkan ke line in amplifier lain?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada speaker out, sebelum disambungkan ke input amplifier lain
      disaring dulu menggunakan Resistor ukuran antara 22K hingga 100K

      Delete
  24. Amplifiernya IC lm1875 ORI yg 30k Pak... untuk penguat transistor Nya C828A Matsushita... Suaranya bagus dijamin gak bakalan diomelin tetangga dah hehe he... sekarang lagi berburu 2sc458 Hitachi di Olshop...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat dan semoga lekas dapat buruannya

      Delete
  25. Kemarin sempat kelimpungan juga kerena terjadi noise desis ( sssett...) Sudah Gonta ganti C input Amplifier, C input maupun output penguat transistor tapi hasilnya tetap nihil....
    Terus saya terinspirasi dari rangkaian Lm1876 yg di input audionya dikasih R 1K... kemudian saya praktekkan di Lm1875 dan Alhamdulillah noise desis nya sembuh total Pak......

    ReplyDelete
  26. Pak Guru yth...
    Itu tanpa catu daya ya pak Guru...semisal di masukkan kedalam box ampli, cocok kayaknya di depan ya pak guru...
    Pengen nyoba, cari2 bahan dulu...

    Oya pak Guru, buatin skema mid- high dan low - sub dong pak Guru...
    Pengen ikutan otak atik audio, tapi beda karakter. Mksdnya sebelah kiri utk mid - high, kanan low - sub. Cari2 skema di tmpt pak guru belum ada kayaknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk MIDD tinggal ganti semua Resistor dengan ukuran sama, 4K7 semua (# buah R)
      dan C 222 diganti dengan 472 atau 682 atau 822

      Delete
    2. berarti untuk rangkaian nya hanya 3 resistor 4k7 sama c 222 ya

      Delete
    3. hihihihi maaf akune malah dadi ora paham....

      Delete
  27. Sudah sy coba dan otak atik.skemanya mantap.enak di dengar.

    ReplyDelete
  28. Pak guru, punya rangkaian penghilang noise gak? Ampli saya kalau dicolok hp bersih, tapi dipasang mp3/set top box/multimedia player keluar noise, makin kencang kalau volume kencang. Bunyinya ngiiiiiing gitu, bukan ssssssshh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila demikian kasusnya, dikasi anti noise pun sepertinya akan tetap ada itu nging!, sebab anti noise hanya bekerja hanya ketika ada signal audio yang kecil saja.

      itu mungkin karena kurang sempurnanya GND antar perangkat saja
      terutama bila menggunakan MP3Player

      Delete
  29. Pak apakah ini bisa Di aplikasi Kan Di speaker box Bluetooth?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ... tapi memasangnya didalam, pada rangkaian input amplifiernya

      Delete
  30. Punya saya malah over treeble guru.. Setelah saya pasang penguat transistor c945

    ReplyDelete
    Replies
    1. perbesar ukuran kapasitor yang terpasang dari B menuju C

      Delete
  31. Pak bisakah saya dapatkan tutorial pemasangan alat di power 1000 watt ..terima kasih sebelum nya guru besar saya pemula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ... tinggal pasang pada bagian input amplifier nya

      kesimpulannya ... bisa dipasang pada amplifier jenis/model apapun, yang penting ada tempat untuk memutus bagian inputnya

      Delete
  32. Sangat mengedukasi sekali pak....
    Dengan rangkaian sederhana tapi hasilnya luar biasa...
    Semoga pak guru makin jaya dan lebih kreatif lagi..

    ReplyDelete
  33. Kalo mau buat nyaring biar cuma bass yang ikut gmn ya?
    Mau buat led yg ngikutin bass lagu
    MaksshM

    ReplyDelete
    Replies
    1. R 22k dan R 1K yang dekat C222 keduanya diganti dg 47K

      C 222 dibuang (jangan pasang)

      R 1K yang ke GND jangan dipasang, C224 langsung ke GND

      Delete
    2. pak guru mau nanay nih jadi untuk R nya 47 k ada 1 atau 2

      Delete
  34. Halo pak...saya udah bikin kayak diatas....terus coba kasih VCC out ke speaker kecil bekas tv...input sentuh kok gak ada kresek...malah pake out hp pun gak ada...suara kenapa yah!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus ada amplifier sebelum masuk speaker, rangkaian ini hanyalah meninkatkan kejernihan suara saja
      jadi urutannya begini :

      asalnya
      HP >>> Apmlifier >>> Speaker

      setelah dipasang rangkaian diatas menjadi :

      HP >>> Rangkaian diatas >>> Amplifier >>> Speaker

      Delete
  35. Cara ngetes rangkaian ini bekerja gimana pak guru ..kalo tampa ampli dan tc hanya ada psu dan hp dan speker 8/2watt

    ReplyDelete
  36. Malam pak guru
    Mohon pencerahannya, nyoba rangkai kit power amplifier 400 wat, pakek travo (murah) 5 ampere ambil di 25v.
    Ketika disambungkan dari hp langsung ke input kit powernya suaranya okey meski middlenya masih kasar, ketika ditambah tone control timbul masalah suara serak pas ketika volume baru dibuka, dan hilang suara seraknya ketika volume diangkat, apalagi ditambah equaliser seraknya makin parah.
    Mohon solusinya terima lasoh sebelumnya...semoga pak guru semakin jaya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa rangkaian/kit Amp kelas AB baik yang rangkai sendiri ataupun yang beli jadi yang memiliki kelemahan seperti itu
      kemungkinan sih suara serak di volume kecil akibat karena umpan basis pada salah satu transistor kurang bekerja dg maksimal .... dan ketika volume di besarka akan mendapat umpan yang maksimal jadi suara serak nya hilang

      Delete
  37. Malam pak guru
    Suara serak ketka volume baru dibuka dan hilang ketka volume diangkat, mohon solusinya, itu ketika pakai tone kontrol apalagi ditambah equalizer, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin sumber masalah malah pada bias/DCO amplifiernya

      Delete
  38. tonecontrol pasif rasa hifi ditambah ini ternyata matul pak guru....hihihihi.
    lama banget mondar mandir di grup2 & nyimak sana sini akhirnya bisa jg nerapin skema pny pak guru.
    salam pak guru....mau ke fb pak guru malu sama om therry..hik hik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nanyak pak ic tda 2030 cepet panas suara normal divolume rendah tapi brantakan divolume tinggi potensi bas juga gk bisa dinaik kan sama skali kalo dinaikkan langsung sember

      Delete
    2. kalau komponen yang lain masih baik2 saja, trafo dan speaker masih standar, mungkin 2030 soak atau KW terlalu jauh

      Delete
  39. Hallo, maaf pak guru mau tanya, mohon maaf sebelumnya semoga tdk salah kamar, amplifier digital rakitan sy 2x150watt ambil line out dr bigband (utk pengaturan nadanya) itu pasti sll keluar suara (musik) meskipun potensio volume ditutup full. Tp kl dikonek ke tone control terpisah (vol ditutup) tdk keluar suara (normal). Apa yg salah? Semoga berkenan memberikan solusi, kl salah kamar mohon dimaafkan juga 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. walau tidak menggunakan TC .... tetap kasi potensio Volume sebelum masuk input amplifier nya

      Delete
  40. Halo pak guru...mhn maaf kl menyimpang...sy msh newbie nih...di mesjid sy mic imam nya pk mic headset dgn jack mini xlr..ketika sy bongkar jack mini xlr tsb terdapat 2 kabel..kabel hitam ground jalur 1 ground kabel merah jalur 2 hot...pd jalur 3 cold itu di pasang resistor 3 gelang warna gelang merah semua..lalu 1 kaki resistor tsb di jumper ke jalur 2 hot...
    Pertanyaannya brp kah nilai resistor tsb dan apakah fungsi nya di pasang pd jack mini xlr tsb ?
    Mhn sekali info nya pak guru...tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar pembahasan tidak buyar
      tanya dulu ???
      mic yang ada didalam jenis apa
      condensor atau spul

      ciri condensor bentuknya kecil seperti pil bodrek

      Delete
    2. Sepertinya tipe condensor itu pak

      Delete
  41. Suhu mohon pencerahannya saya baru beli kit 2.1 tipe 3116d2 50x2+100watt saya coba raki psu nya pake trafo ct bekas speaker aktif menggunakan pin 22,5 ct terus pake dua bua dioda 6a dan elco 25v 4700uf lalu saya ukur di outputnya terbaca 31vdc. Apakah psu buatan saya ini bisa di pake ke kit tsb atau adakah epek qualitas suara atau ledakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. rekomendasi pabriknya berapa volt ???

      Delete
  42. Pak guru cara menghilangkan suara vokal gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hilang total (nyaris) atau sekedar mengecilkan vokal saja yah???

      Delete
  43. Salam pak guru cara menghilakan suara vokal fimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vokal karaoke maksudnya ???
      bisa menggunakan potensio ....
      bisa juga menggunakan saklar untuk menutup aliran suara vokal

      Delete
  44. Guru apa sma cara pemasangan rangkaian penjernih ini, dengan penguat tr postingan guru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ... betullll....
      terutama bila terjadi suara menjadi kurang keras

      Delete
  45. Mantap pak guru saya praktekkan pake tone parametrik biasa di filter pake skema
    Komponen saya pake r10k milar472, r1k2 suara jozz bas empuk icis² dan yg paling penting suara jernih macam rangkaian mahal ��������������������

    ReplyDelete
  46. Selamat malam pak ini ikut bertanya ..kenapa power ampli saya kalau di full kan volumenya + full treble suaranya jadi berisik rusak ..padahal full volume + full bas suara bagus2 aja ...ini tidak pakai sumber suara mp3 .atau vcd..atau hp
    Maksutnya di hidupin ampli doang ..kira2 ada kerusakan dimana dan gimna solusinya
    Trimakasih sebelum san sesudahnya
    Jadikan aku murid peryama mu suhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pada salah satu penguat TR (kalau ada)
      pasang capasitor 331 (330pF) dari basis ke kolektor
      atau bila penguat menggunakan IC ... silakan cari input dan output IC penguat tersebut
      pasang capasitor dari input ke output

      itu kerjanya capasitor macam feedback
      semoga berhasil

      Delete
  47. Selamat malam pak..turut bertanya ini
    Kenapa power ampli saya kalau posisi max volume + full treble terdengar suara nggak enak/ suara rusak ...sedang kalau max volume + bass madih bagus2 aja ..mohon Pencerahanya dan gimana solusinya
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba titik inputnya diberi capasitor 102 menujun GND

      Delete
  48. Selamat sore pak Guru,

    Mohon bimbinganya
    saat ini saya tengah merakit power class T dengan final mosfet stereo dan controller TA3020 produk dari Texas instrument.

    Kendala yang saya hadapi adalah suara terlalu soft,meskipun sudah cukup luas, bulat dan tebal tapi kurang transparan open dan galak (terutama suara serak vocal dan saxofone
    Dan mid-highnya) kalo bassnya benar2 rapi dan jelas,,

    mid-high soft sedikit basah, sedikit bagusan jlh1969 rakitan menurut saya

    Kondisi saat ini caps input pakai wima mkp10 2.2uf + hybrid paper in oil 0.1uf

    Caps output Philips 100nf (pernah saya ganti vishay, wima dan Pio tapi suara masih bulat Philips). bypass outnya vishay roe 100nf

    Rubahan lain cuman di power supply
    Lainya masih bawaan kit
    Trafo pakai bekas sansui AU 7900 CT38 terasa kurang ngangkat dan kalo volume dikencengin sedikit saja pasti protect (speaker yang dipakai 6inch 160watt 8ohm)

    Kira2 bagian mana yang harus diubah biar sesuai harapan saya ya pak?

    Terima kasih sebelumnya🙏🏿🙏🏿

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih telah berkunjung kesini
      tapi mohon maaf ... saya belum bisa berpendapat/memberi input apapun
      karena saya belum pernah eksperimen PA semacam itu

      Delete
    2. Terima kasih kembali pak Guru, sudah meluangkan waktu untuk membalas pertanyaan saya.

      Mumpung masih anget sekalian saya sharing 🙏🏿
      Tadi saya coba ganti input dengan caps baru mkp merk Cycap 2.2uf ±3% (sebelumnya saya pikir ini caps abal2) diparaleld MBM 0.01uf
      Perubahannya vocal jadi lebih naik dan sedikit lebih galak,

      Kemudian ada saran dari teman saya untuk jumper line in dengan silver, setelah saya coba silver ±5cm ada perubahan yang terasa, suara sedikit lebih open dan transparan tapi tetap nyaman (tidak pedes)

      Demikian,,
      Semoga blognya makin sukses pak Guru🙏🏿🙏🏿

      Delete
  49. Mau nanya kalo ampli tegangan 15 volt CT bisa gak di naikan ke 24 volt ct

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang bisa ada yang tidak bisa .. tergantung apa rangkaiannya

      Delete
  50. Pak guru mau tanya rangkaian di atas pa bisa buat filter dari mixer ke power agar bass nya nedang makasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan nendang mungkin malah jadi adem

      Delete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. mau tanya pak guru maaf agak melenceng....kalo modul bluetooth mau disambungin tone control pasif tapi modul bluetoothnya cuma ada tombol volume doang 2 kaki sedangkan output tone control ada 3 kabel salah satunya buat ground...nah pasang kabel groundnya gimana ya di modul bluetooth tsb? trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. keluar (out) dari modul (bluetooth) dikasi TC ... baru disalurkan ke input amplifier

      Delete
  53. Maaf pak guru . Saya punya tone control c40 . Tapi suara Twitter salah 1 speaker saya tidak keluar . Hanya sebelah yang keluar . Sudah saya cek tweter bagus semua kondisi hidup .
    jika saya pindah/tukar terminal di power amplifier . Tweter yang tadi mati hidup dan sebaliknya tweter yang hidup menjadi mati . Terima kasih pak guru . Mohon pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar kualitas potensio treble yang aus sebelah

      Delete
  54. Kalau pd ampli build up buatan Cina tipe BT 289A .kalau sumber suara dari flashdisk atau bluetooth, pemasangan unit PA Di TC ya pak Guru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada jek saluran (source) ... masuk lewat situ saja

      Delete
  55. Assalamu'alaikum..
    Maaf saya mau tanya mengenai permasalahan yg saya alami.
    Jd gini, saya bikin amplifier buat speaker toa dan lumayan peka meski posisi mik agak jauh (gak terlalu nempel dimulut). Tapi ketika mik dekat ke mulut, suaranya jadi pecah (terlalu keras).
    Apa bisa dibatasai suaranya (tidak terlalu keras) meski mik agak nempel ke mulut, tapi tetap peka meski mik agak jauh dari mulut?
    Mohon pencerahannya, dan (jika bisa) bagai mana caranya? ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kualitas micophone yang kurang bagus
      atau mungkin tegangan ke rangkaian pre-mic kurang jos

      Delete
  56. Slmt siang pak guru maaf sy mau konsultasimsy mencoba menggabungkan dua ampkie menjadi satu,tp klu volume nya di nesarkan suara lsg pecah dan dug dug dug suara nya trus lsg mati dan hidup sendiri bagaimana solusinya,mkch

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kurang supply (bisa kurang amper bisa juga kurangan tegangan)

      Delete
  57. Ini tegangan simetris atau non simetris?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak pakai tegangan ini mah .. cuma ada input-output dan GND saja

      Delete
  58. mau tanya Pak saya guru,saya memasang oreamp mic echo digital disambungkan ke tc saat karaoke nada tinggi tiba2 mati suaranya dan hidup lagi,atau saat mic ditiup mndadak...langsung mati mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang mati suara dari mic atau musik atau keduanya
      mungkin over mic nya ...
      coba sebelum sambung ke microphone di saring dulu pakai R 10K atau ukuran yang pas

      Delete
  59. Tanya Pak Guru, untuk rangkaian Penguat Transistor kalau di kasih catu daya 5V, apa yg harus diganti?? Mator suwon..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila saya lihat2 masa lalu, kayaknya masih sama,
      R ke emitor antara 10 hingga 100 ohm
      R ke kolektor antara 2K2 hingga 5K6
      R dari Kolektor ke Basis antara 220K hingga 470K

      Delete
  60. Sy punya sound card v 8 sy sambungkan ke speaker aktif polytron untuk berkaraoke .suara mic saat musik belum play lancar tidak putus2. Tapi kalau musik sdah play dan mulai bernyanyi kenapa suara vocal mic suara terputus putus . (Kalau mic colok ke speaker aktif langsung tanpa pakai soundcrad v8 juga normal lancar suara mic tidak putus2 apa sebabnya ya mas? Mohon pencerahannya .makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin hanya karena masih ada pemasangan/setelan yang kurang pas pada bagian tertentunya ...... saja

      Delete
  61. Sore pak guru....
    Ane mau minta saran neh...
    Ane punya tv polytron...
    Out cuman menggunakan jek earpon.
    Jadi kalo ane masukin input pada jek tersebut otomatis suara yg dari tv off.
    Ada 2 jek rca out untuk twiter dan 1 jek rca untuk subwofer.
    Apa bisa kita ambil out dari rca twiter. Di tahan menggunakan apa
    Agar bisa menambah power / ampli bagaimana caranya yah ...
    Trimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. RCA ke SW coba pasang ke speaker SW (kalau suara keras berarti didalam sudah ada amp SW
      kalau suara pelan berarti dari RCA masuk ke amp khusus SW dulu ... baru ke speaker SW

      demikian juga RCA yang ke twiter

      Delete
  62. Kalau untuk keperluan masjid dengan power ampli rakitan, berapa nilai yang sesuai untuk rangkaian penjernih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua R diganti dengan ukuran 4K7 atau 5K6
      C222 diganti dengan 472
      C224 diganti dengan 104

      Delete
  63. Bisa buat preamp mic gak, soal nya nada bass mic nya terlalu gede

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau utk yang udah terlalu gede bass ... ini gak cocok

      Delete
  64. Pagi pak,kalau dari skema diatas bisakah digunakan untuk menambah bass saja, maksud saya nada middle dan nada tinggi tidak diganggu,

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua terintegrasi ....
      inti kerja rangkaian diatas bukan menambah bass tapi menepis nada middle

      Delete
  65. Malam pak guru... Ijin pemula mau bertanya tapi agak menyimpang. Saya lagi belajar merakit ampli subwoofer buat di mobil. Saya beli tpa3116d2 mono 100w dan filter subwoofer tunersys dc12v. permasalahannya pas filter saya pasang, suara output dr tpa3116 kok jadi kecil. Pot volume tpa3116 dan filter sub udh maksimal, tetep kurang nendang, padahal sebelum filter dipasang, suara sangat kencang... Saya udh coba ganti filter subwoofer dengan merek lain, hasilnya sama... Mohon sarannya pak guru. Terima kasih dan sehat selalu pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sebelum atau sesudah filter dipasang penguat nomor 5 atau nomor 6 pada posting berikut :
      https://www.gurukatro.com/2019/06/membuat-transistor-penguat-audio.html

      Delete
    2. Makasi sarannya pak guru... Sehat terus ya pak

      Delete
    3. sama sama
      aamiin
      semoga sukses selalu buat anda

      Delete
  66. Terima kasih sudah berbagi ilmunya... sudah saya coba untuk ampli class D pam 8610 cukup memuaskan, suara bisa saya adjust sesuai maunya saya... dengan urutan modul BT - PreAmp JRC4558/5532 - Tapis/ filter ini - baru ampli....
    sekalian minta ijin untuk referensi di yutub nantinya... jika sempet juga buat videonya...

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. congratulation buat anda
      untuk yutup .. belum bisa janji
      lagi banyak kerja darat soalnya

      Delete
  67. Assalamualaikum, maaf bos sya mau tanya..sya pke ampli mini 2x15watt, saya mau gabung dg subwoofer aktif ambil input dari out speaker ampli, kira² langsung pararel atau tambahan komponen, misalnya tambahan komponen apa yah ?
    Terimakasih 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan langsung ... tar bisa short
      gabung dengan saringan R 22K atau 47K dari masing2 out ....
      setelah gabung melalui R .. baru masuk AMP SW

      Delete
  68. Mbah guru mau tanya, seandainya ingin bikin 6 speaker (high tweeter, tweeter, midhigh/middle karakteristik campuran treable, midlow/middle karakteristik campuran bas, woofer/bas lembut suara dung, subwoofer/bas karakteristik low keras suara duk) dengan karakteristik frequensi yg berbeda apakah bisa? Klo bisa tolong dunk buatkan artikelnya, minimal jawab di mari saja. Trims mbah guru yg baik hati dan budiman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau utk buat artikel khusus ... mungkin masih jauh ... sorry ... lagi agak sibuk darat

      kalau mau eksperimen sendiri bisa dengan bikin 6 unit

      atur variasi nilai R dan C sesuai kebutuhan out

      Delete
  69. Maaf pak guru pemula nih
    Mau tanya saya merakit aktip speker speker 6 in kit pake bsx a7.bas + trible cukup.tapi suara midlenya terlalu keluar.
    Pertanyaan saya gimana cara'y menurunkan suara midle nya?
    Komponen bagian mana yg harus di ganti/tambah.
    Mohon pencerahan'y guru
    Saya ucapkan banyak terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya saya harus melihat foto bsx nya dulu baru bisa kasih saran

      Delete
  70. Reques crossover aktif 2 way pak guru🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf lagi terlalu sibuk darat
      belum bisa janji

      Delete
  71. Untuk penguat transistornya atau penguat volume nya itu butuh daya apa ngk guru

    ReplyDelete
  72. untuk penguat transistor yang kinerjanya sebagai penguat volume

    ReplyDelete
  73. Pak guru mohon petunjuknya, fungsi elco pada output kit, atau input kit misalnya kit galaxy fungsinya untuk apa, misal nilenya diperbesar dari 1uf ke 10uf apakah suaranya nambah ngebas atau gimana? Trus misal diperkcil dari 1uf ke 0.47uf jd tmbh trebel atau gimana?

    ReplyDelete
  74. Maaf pak kalo untuk tc desis pake rangkaian ini bisa gak..

    ReplyDelete